NORMALISASI DATABASE

Normalisai Database

Apa itu normalisasi pada database?

Normalisasi merupakan sebuah teknik logical desain dalam sebuah basis data yang mengelompokkan atribut dari berbagai entitas dalam suatu relasi sehingga membentuk struktur relasi yang baik (tanpa redudansi/pengulangan data) serta sebagian besar ambiguity bisa dihilangkan.

Atau pengertian singkatnya, Normalisasi Databse adalah proses pengelompokan atribut data yang membentuk entitas sederhana, nonredundan, fleksibel, dan mudah beradaptasi, Sehingga dapat dipastikan bahwa database yang dibuat berkualitas baik.

Normalisasi database terdiri dari banyak bentuk, dalam ilmu basis data ada setidaknya 9 bentuk normalisasi yang ada yaitu 1NF, 2NF, 3NF, EKNF, BCNF, 4NF, 5NF, DKNF, dan 6NF.

Database 1NF, 2NF, dan 3NF akan sering ditemui ketika akan membuat sebuah database yang optimal. Jika Anda ingin menjadi seorang Database Administrator (DBA), harus tahu

1. UNF

UNF(Unnormalized Form) di dalam UNF ini masih terdapat repeating group sehingga pada kondisi ini data menjadi permasalahan dalam melakukan manipulasi data (insert, update, dan delete) atau biasa disebut anomali.

2. 1NF

1NF(First Normalized Form) pada 1NF ini kita harus melakukan pemisahan jika ada repeating group, di dalam 1NF ini juga kita memiliki beberapa aturan, yaitu:

  1. Setiap atribute harus unik
  2. Tidak ada data yang di merge atau repeating group
  3. Memilih primary key
3. 2NF

Jika 1NF sudah selesai, selanjutanya kita membuat 2NF(Second Normalized Form) pada 2NF ini kita juga memiliki beberapa aturan yang harus di patuhi, berikut aturan-aturannya;

  1. Sudah dalam bentuk 1NF
  2. Semua atribute yang bukan primary key harus bergantung secara funsional terhadap primary key
  3. Pisahkan menjadi beberapa tabel sesuai dengan aturan nomor 2
4. 3NF

Di dalam 3NF ini kita juga memiliki beberapa aturan, yaitu:

  1. Sudah dalam bentuk 2NF
  2. Semua atribute yang bukan primary key tidak boleh ketergantungan kepada atribut yang bukan primary key, jika ada maka harus di pisahkan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi Kasus Data Mining Dalam Menentukan Tingkat Kelulusan Mahasiswa

30 JENIS ALGORITMA SUPERVISED LEARNING (PREDIKSI)

Apa Itu Entitas, Atribut dan Relasi Dalam ERD