SEMMA (Sample, Emplore, Modify, Model dan Assess)

 Apa itu SEMMA?


    SEMMA adalah singkatan dari Sample, Explore, Modify, Model, dan Assess, sebuah metode yang dikembangkan oleh SAS Institute untuk memfasilitasi prediksi variabel dalam proyek data mining. Metode ini dirancang untuk menyederhanakan dan memudahkan pengguna dalam melakukan proses data mining. Proses SEMMA terdiri dari lima tahapan, yaitu Sample, Explore, Modify, Model, dan Assess, masing-masing memiliki peran khusus dalam menjalankan proyek data mining. Proses ini tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga dapat dengan cepat dipahami, memudahkan pemeliharaan proyek data mining secara efektif.

    Tahap pertama dalam proses data mining SEMMA adalah Sample, yang melibatkan pengumpulan sampel data untuk membentuk informasi penting dan signifikan dari dataset yang besar. Meskipun bersifat opsional, proses ini memungkinkan manipulasi data dengan cepat.

    Tahap kedua, Explore, fokus pada pencarian tren dan anomali yang tidak terduga dalam kumpulan data. Jika visualisasi tidak mengungkapkan tren yang jelas, teknik statistik seperti analisis faktor, analisis korespondensi, dan pengelompokan dapat digunakan untuk mendapatkan pemahaman lebih dalam.

    Tahap ketiga, Modify, mencakup modifikasi data dan variabel untuk memfokuskan proses pemilihan model. Ini melibatkan manipulasi model data untuk menyertakan informasi seperti pengelompokan pelanggan yang signifikan atau memperkenalkan variabel baru.

    Tahap keempat, Model, fokus pada pembuatan model data dengan menggunakan perangkat lunak untuk mencari kombinasi data yang dapat memprediksi hasil secara otomatis.

    Tahap kelima, Assess, melibatkan penilaian data dengan mengevaluasi kegunaan dan keandalan temuan dari proses data mining, serta mengestimasi seberapa baik kinerjanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Studi Kasus Data Mining Dalam Menentukan Tingkat Kelulusan Mahasiswa

30 JENIS ALGORITMA SUPERVISED LEARNING (PREDIKSI)

Apa Itu Entitas, Atribut dan Relasi Dalam ERD